Tips Traveling Murah Meriah Ala 'Lost in Korea'


Traveling irit ke Korea Selatan kini bukan sekadar angan-angan. Cayi dan Gelbo, dua orang penulis asal Indonesia telah membuktikannya. Penasaran? Simak tips irit keliling Korsel berikut yang bisa Anda jalani.

Bertempat di Gramedia Matraman, Lantai 3, Jl Matraman raya, Jumat (30/3/2012), dua orang penulis asal Indonesia, Cayi dan Gayo berbagi tips pengalamannya selama di Korsel. Melalui buku yang berjudul Lost in Korea, keduanya berbagi pengalaman traveling irit ke Korsel. Berikut adalah tips traveling irit keliling Korsel ala Lost in Korea:

1. Datang ke Mugunghwa ho

Dalam buku Lost in Korea, keduanya menyarankan agar Anda berkunjung ke Mugunghwa ho. Mugunghwa ho adalah salah satu kota termurah yang ada di Korsel. Biaya hidup di sini cukup murah. Kota ini juga disebut sebagai kota bunga. Jika datang antara Juli hingga Oktober, Anda bisa melihat bunga-bunga bermekaran di kota ini.

2. Datang ke objek wisata gratis

Untuk mengirit pengeluaran, datanglah ke objek wisata yang murah atau bahkan gratis. Dalam buku karangan Cayi dan Gelbo, keduanya memberi contoh Namsan Park. Namsan Park merupakan sebuah gunung yang berlokasi di tengah Kota Seoul. Dari atas Namsan Park, Anda bisa melihat keindahan Kota Seoul.

3. Gunakan subway untuk transportasi

Untuk keliling Kota Seoul, Anda bisa menggunakan alat tansportasi umum berupa subway. Tarif dasar transport card subway sejauh 12 km adalah 900 won atau senilai Rp 7.500 untuk penumpang dengan usia 19 tahun ke atas. Untuk penumpang dengan usia berkisar 13-18 tahun, membayar dengan harga 720 won atau Rp 6.000. Jika Anda membawa anak dengan usia 7-12 tahun, cukup membayar 450 won atau senilai dengan Rp 4.000.

4. Hindari tempat makan ramai turis

"Sebaiknya, hindari tempat makan yang ramai dikunjungi turis," kata Cayi dalam buku yang ditulisnya bersama Gelbo.

Biasanya, tempat makan yang ramai turis telah dipatok harga lebih tinggi oleh penjual. Jadi sebaiknya, Anda bertanya lokasi makan murah kepada masyarakat atau makanlah di tempat makan yang ramai dikunjungi penduduk.  Untuk lebih berhemat, makan di foodcourt pusat perbelanjaan juga bisa menjadi pilihan. Biasanya terletak di basement pusat perbelanjaan.

5. Menginap di rumah warga

Nah, untuk mendekatkan diri dengan warga asli Korea dan menghemat uang, Anda bisa menginap di rumah penduduk. Alangkah baiknya kalau Anda mempunyai kenalan yang berada di Korea.

"Banyak orang yang bilang ke Korea mahal, tapi lewat buku ini ternyata ada beberapa pos-pos yang bisa diakalin biar murah," kata Cayi menambahkan saat konferensi pers di Gramedia Matraman.



sumber :http://travel.detik.com/read/2012/03/30/181100/1881517/1025/2/tips-traveling-murah-meriah-ala-lost-in-korea#menu_stop

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.